35 Triliun Per Hari 🤑

Good morning ho..ho..ho.. 🎅

As we kick off this merry Monday, we wanted to extend warm holiday wishes to you and your loved ones. May the spirit of Christmas and the joy of the New Year fill your hearts with happiness and goodwill 🎄

  1. Shopify BFCM 2023
  2. First-Party Data in GA4
  3. Looker Studio Updates

Shopify BFCM 2023

Shopify mecatat IDR 143 triliun in revenue selama Black Friday & Cycber Monday 2023, atau 5x lebih besar dari Harbolnas di Indonesia. Sebagai catatan, kebanyakan pengguna Shopify berada Amerika (20%), India (11%), & UK (10%). But what we could learn from this campaign?

Shopify Partner, Triple Whale baru saja merilis ecommerce & benchmark report (FBCM 2023) menggunakan data dari 11,000++ merchants selama periode BFCM 2023 (Nov 24th - 27th, 2023), atau mewakili 10% dari Global Transactions shopify.

save up to 50% Black Friday clip art
Photo by Ashkan Forouzani / Unsplash

Interesting Findings

  • 95% spending iklan 💸 masih ke Google (24%) & Meta (71%), dan 4% untuk TikTok (grew +17% YoY).
  • Meta memiliki CPM 2.1x lipat lebih tinggi dari TikTok, di mana Google's CPM naik +20% YoY (could be from Pmax adopotion trends?)
  • Meta memiliki CPA 1.6x lebih tinggi dari Google, while TikTok's orders naik 2.3x dari tahun sebelumnya dengan CPA improved by 45% YoY.
  • Meta ($94) & Google ($92) memiliki order value (AOV) yang mirip, di mana TikTok's AOV 55% lebih kecil dari mereka (atau $43).
  • Does data from the post-purchase survey (PPS) tell the same number? Yes, it's similar. 31% of reponden bilang melakukan pembelian dari channel (FB & Instagram) 🤯, 11.5% dari teman (🗣️ worth of mouth!), dan Google di urutan ke-3 (5.3%)
  • Meta & Google have similar CTR (1.5%), atau 1.8x lebih tinggi dari TikTok (0.8%)
  • Surprisingly, TikTok & Google have similar conversion rates (7.25%), atau 1.8x lebih tinggi dari Meta. Also overall TikTok's CVR improved by 1.5x from last year.
Laporan bisa diunduh di sini (103 halaman)

First-Party Data in GA4

Mirip dengan fitur Enhanced Conversions di Google Ads, Google mulai mengizinkan owners untuk mengunggah first-party data ke Google Analytics 4 guna mengingkatkan akurasi pengurukan konversi (re: enchance conversions) & audience reporting (re: demographic & interest report).

Not surprised, secara Google akan mematikan Website Cookies untuk 30 Juta Orang pada 4 Januari 2024.

Yang perlu diketahui sebelum melakukan setup:

  • Saat tulisan ini ditulis, fitur ini dalam status Open Beta.
  • Fitur bersifat permanen, or can't be undone.
  • Fitur hanya bekerja di web stream (app stream is not supported).
  • Improvement akan terlihat setidaknya 1 bulan setelah fitur berhasil diaktifkan.
  • Setelah mengaktifkan fitur ini, data tidak tersedia di BigQuery export (setidaknya sampai saat ini)

Cara Setup

Masuk menu Admin > Data collection and modification > Data collection.

Aktifkan menu "User-provided data collection".

Terkahir, "The User-provided data policy" = Turn on

Instruksi lengkap bisa dibaca di sini


Looker Studio Updates

What's new on Looker Studio? Many!

  • Connection map visualization
  • Add value to a reference line or reference band label
  • Stepped lines for time series charts, line charts, and combo charts
  • More...

Freeze one or more columns

Transpose the table

Resize row height

Release notes