8x Lebih Banyak 😍

Good morning and welcome to a brand new week!

Let's start this week off right with our marketing recap ☕


Search Generative Experience (SGE)

Search Generative Experience (SGE)

Salah satu oleh-oleh menarik dari event #GoogleIO tahun ini. Search Generative Experience (SGE) – sebuah snapshots informasi yang dibuat oleh Google's AI di hasil pencarian Google.

Fitur Utama SGE:

  • AI-powered snapshots – SGE akan memberikan ringkasan informasi yang dicari oleh pengguna.
  • Conversational mode – pengguna bisa melakukan follow up informasi (snapshots) yang diberikan oleh Google.
  • Vertical experiences – pengguna bisa menampilkan snapshots yang lebih rinci dengan memilih vertikan yang telah disediakan, seperti shopping, images, news, maps, books, finance, etc.
  • Advertisements – iklan akan tetap ditampilkan dengan label sponsored.
  • Creativity – tidak hanya memberikan rangkuman informasi yang relevan, SGE bisa membantu pengguna melakukan hal-hal kretif seperti membuat caption untuk media sosial.
  • User experienceintroducing brand new UI across both desktop & mobile.

My two cents

Most likely akan terjadi peningkatan zero-click searchesdi mana pengguna mendapatkan informasi yang mereka cari tanpa harus melakukan klik / kunjungan ke halaman website. So you better ready for the slowing growth from SEO Channel in the near future!

SGE mulai bisa digunakan oleh pengguna di US dengan melakukan pendaftaran di sini.

Facebook AI Sandbox for Advertisers

Satu hari setelah Google memperkenalkan Generative AI untuk Google Search di event #GoogleIO 2023, sepertinya Meta tidak ingin ketinggalan hype dengan ikut meluncurkan The AI Sandbox.

The AI Sandbox akan dijadikan sebagai "testing playground" oleh Facebook untuk produk & fitur baru sebelum diluncurkan ke market. Sebagai langkah awal, Facebook AI Sandbox menghadirkan 3 tools untuk marketers yaitu; Text Variation, Background Generation, & Image Outcropping.

Fitur baru ini tengah diujicoba ke beberapa advertisers salah satunya ones Road Beauty dan akan mulai bisa diakses secara publik pada bulan Juli 2023. Sebagai catatan penting, materi iklan yang dihasilkan dari AI ini tidak akan ditayangkan tanpa approval dari advertisers terlebih dahulu.

Interesting, isn't it?

Tools ini mengingatkan kami dengan beberapa startups yang sudah lebih dahulu menghadirkan fitur serupa, seperti pebblely.com, pixelcut.ai, booth.ai, zeg.ai, dan masih banyak lagi.


Kapan Waktu Terbaik Untuk Posting di Social Media?

Seperti tahun-tahun sebelum, Sprout Social kembali merilis merilis laporan dari hasil analisis 34,000+ Sprout's user di tahun 2022 terkait waktu terbaik untuk membagikan konten di media sosial.

Sedikit beda dari tahun-tahun sebelumnya, Sprout Social memasukkan TikTok di laporan tahun ini!

Here's the summary:

best time to post on social media in 2023
  • Facebook: Senin s/d Kamis (8 am - 1 pm)
  • Instagram: Senin s/d Jumat (9 am - 12 pm)
  • Twitter: Selasa s/d Jumat (9 am - 1 pm)
  • LinkedIn: Selasa s/d Rabu (10 am - 12 pm)
  • TikTok: Selasa s/d Kamis (2 pm - 5 pm)
  • Pinterest: Selasa s/d Kamis (1 pm - 3 pm)

State of Influencer Marketing 2023

Berapa biaya influencer di TikTok & Instagram? eMarketer baru saja merilis studi baru terkait rata-rata biaya influencer di US untuk platform Instagram & Tikok.

Meskipun ini merupakan data untuk pasar US, setidaknya bisa memberikan gambaran perbedaan biaya influencer untuk tiap tiers & platforms.

influencer monetization 2023

Menariknya, biaya influencer untuk platform Instagram 1.9x lebih mahal dari pada TikTok dengan jumlah followersa sama. Does it mean followers on TikTok are less valuable?

Few Facts About Influencer Marketing

  • 90% pengguna media social masih menggunakan Influencer menjadi salah satu sumber terpercaya (gen.video, 2019).
  • 7 dari 10 brands masih menggunakan Influencer dalam strategi marketing mereka (digital marketing institue, 2018).
  • 86% of marketers masih menggunakan objective brand awareness d influencer marketing campaign mereka (Oberlo, 2023).

Influencer Fraud Is Still Happening

  • 7/10 marketers memiliki tantangan dengan fake followers dengan estimasi cost $81 billion worldwide in 2022 from fake followers (statista, 2023).
  • Angka tersebut diprediksi naik sebanyak +23% di tahun 2023 (statista, 2023).
  • Up to 20% of mid-level influencers (dengan 50,000 and 100,000 followers) kemungkinan besar mencurangi angka followers mereka (invesp, 2019).

Kuota API GA4 Sekarang 8x Lebih Banyak

Sebel gak sih ketika lagi akses report di Looker Studio lalu dapet error seperti ini?

Kuota untuk akses data Google Analytics melalui API sudah habis, unless kamu upgraded ke Google Analtyics 360 (berbayar) atau tunggu next hour / day sampai kuota mulai dari nol lagi 😂

Google Menambah Kuota 8x Lebih Banyak

Minggu lalu Google secara diam-diam memperbarui halaman produk terkait API Quotas untuk Google Analytics 4 dengan memberikan limit 8x lebih banyak dari sebelumnya – kecuali untuk item "concurrent requests".

Before

After

Google cukup dermawan, bukan? 😁