Bye Google Signals π
Good morning π
We were under the weather last week, so do apologize for skipping last week's newsletter. But we're now back stronger πͺ
Let's get started:
- Harga Bulan Januari Turun -15%
- Google Signals will be gone from reporting
- 5 Keys to Successful TikTok Creator Ads
- Search Partner Network Can Be Opt-out Temporarily
- Google Melakukan Pembasan Iklan Produk Finansial
- 2024 Visual Trends by Adobe
ππ
1οΈβ£ Harga Bulan Januari Turun -15%
Rencana mau beli apa pas Harbolnas besok? atau udah colong start duluan?
Bulan November - Desember setidaknya menjadi bulan tersibuk untuk eCommerce players dalam mempersiapkan kampanye tahunan "Hari Belanja Nasional" a.k.a. Harbolnas ποΈ, in west country they call it "Black Friday & Cyber Monday" a.k.a. BFCM.
Laporan dari Meta bilang harga iklan (re: Cost per Mile - CPM) lebih mahal π selama holiday promotions. Sebaliknya, post-holiday promotion yaitu bulan Januari memiliki harga iklan (CPM) yang lebih rendah sampai dengan -15% π.
Meta bilang, itu momen yang tepat untuk mengeluarkan promosi susulan!
Makes sense sih, apalagi untuk brands dengan budget terbatas pasti kesulitan untuk berebut ad inventories dengan big players seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada di periode Harbolnas πΈπΈπΈ.
Momen tahun baru juga cocok untuk beberapa produk seperti, new year new me (re: Fitness & Gym πͺ). Betul gak?
2οΈβ£ Bye Google Signals From Reporting
Minggu lalu Google mengumumkan penghapusan penggunaan Google Signals dari menu reporting di GA4 mulai 12 Februari 2024.
What you need to know:
- It's not fully removed from GA4. Hanya dihapus dari reporting, dan Google Signal masih berjalan & dipakai untuk fitur lain seperti Demographic & Interest reporting, Audience, and Conversion.
- Pembaruan ini menjawab keresahan marketers terkait thresholding issue di mana Google menyembunyikan sebagian data di reporting karena menyangkut user privacy.
- Jujurly, Google telah memberikan pilihan di menu Admin di mana marketers bisa opt-out Google Signals dari menu Reporting.
3οΈβ£ Keys to Successful TikTok Creator Ads
TikTok baru saja menyelesaikan studi bersama CreatorIQ (creator intelligence platform) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesuksesan iklan di platform mereka. Total studi ada 26 halaman tapi intinya sih:
- Grab attention from the start
- Foster a personal connection
- Show your product in action
- Use high-impact creative elements
- Close with a clear call to action
Some Practical Insight
[1] Getting attention from the start is critical as 90% of ad recall impact & 80 of ad awareness impact is captured within the first 6 seconds.
[2] Ads with Direct Speech Talking Are 1.5x More Likely to Hook
[3] 56% of Tiktokers say the creator-driven Spark Ad makes them trust the brand because the creator shared it.
[4] 71% of TikToker Say Creator Authenticity Led Them to Buy a Product
[5] Ads with Text Overlay Are 1.4x More Likely to Hook
4οΈβ£ Search Partner Network Can Be Opt-out Temporarily
Google membolehkan marketers untuk tidak menayangkan iklan di Search Partner Network untuk sementara waktu, termasuk PMax campaign π±. Hal ini buntut dari laporan Analytics di mana website yang tergabung dalam Google Search Partner (GSP) tidak aman untuk brand, misalnya:
Iklan CPNS US tampil di website Iran
Iklan Data Engineer tampil di website porno
Dan masih banyak lagi.
Memang di awal Google sudah menjelaskan mereka tidak bisa memberikan informasi website di bawah Google Search Partner (GSP) β so it's at advertisers own risk π€·ββοΈ.
Untuk Opt-out Google Search Partner (GSP), Advertiser bisa menghubungi account manager masing-masing. Adweek bilang hal ini bisa dilakukan sampai tanggal 1 Maret 2024.
5οΈβ£ Google Melakukan Pembasan Iklan Produk Finansial
Mulai Februari 2023, Google melakukan pembatasan iklan produk finansial di platform mereka, seperti:
- Tidak boleh mentargetkan gender, age, parental status, marital status, or ZIP code
- Berlaku untuk negara US & Canada
- Produk terdampak: credit cards, home loans, car loans, appliance loans, short-term loans, banking and checking accounts, debt management products, banking products, financial planning, and financial manager services.
Google menghimbau advertisers untuk meninjau ulang iklan mereka sebelum dilakukan enforcement pada tanggal 28 Februari, 2024. Akun akan ditutup oleh Google jika advertisers diketahui melanggar aturan baru ini.
6οΈβ£ 2024 Visual Trends by Adobe
Looking for creative inspiration for your 2024 strategic planning? Adobe baru saja merilis laporan prediksi visual trends untuk tahun depan.
4 Creative Trends in 2024
Calming Rhythms - Fluid and flowing forms that soothe the senses and support emotional balance
Wonder and Joy - Visuals that inspire a sense of awe, joy, and enchantment
Dynamic Dimensions - Where all dimensions and types of content seamlessly merge
The New Nostalgia - Contemporary interpretations of vintage styles