Dapat Uang dari Reels 💸💵

Morning All,

We hope you have a wonderful day ahead!


1️⃣ IG Reels Updates 🤳

Instagram mengumumkan 4 perbaruan baru di Reels untuk membantu content creators memaksimalkan penghasilan & performansi konten mereka.

Reels Trends

Bingung mau pakai video & hashtag yang oke? Fitur Reels Trends bantu Content Creators menemukan video & hashtag yang sedang tren.

Gifts Expansion

Dalam waktu dekat, Content Creators di Australia, Canada, France, Mexico, New Zealand, & UK akan bisa menerima Gifts dari fans.

Enhanced Editing Tools

Tampilan Editing Tools yang lebih baik dengan menampilkan video, audio, stickers & text dalam satu layar.

Improved Insights

Matrik baru di Reel Insights seperti total watch time, average watch time, yang membantu menganalisa perfomansi konten dengan lebih baik.


2️⃣ TikTok ❤️ Communities

eBay #SneakerShowdown campaign

Lebih dari 110 TikTok users di Indonesia dan tidak sedikit brands yang masih struggling di platform tersebut tanpa adanya bantuan dari content creators. TikTok membagikan tips memaksimalkan konten platform tersebut dengan cara personalisasi konten untuk komunitas setiap komunitas yang berbeda.

(1) Temukan Komunitas

76% of users say they like it when brands are a part of special interest groups on TikTok - Flamingo Study 2021

Gunakan Keyword Insight tool untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan target audience. Ambil contoh, food & baverage brands bisa masuk ke komunitas #mubang.

(2) Buat Strategi Konten

Ada 2 jenis konten di TikTok;

  • Value –  konten yang menghibur, mendidik, mempersatukan, atau konten yang personally relevant (gue banget itu!).
  • Variety – konten yang menjawab bebagai macam kebutuhan, misalnya "cara visa ke jepang", "cara merencanakan road trip jakarta-bali", dan sebagainya.

Tiktok-first mindset:

  • Go lo-fi (avoid glossiness)
  • Shoot vertical and hi-res
  • Feature real people (creators, employees, customers)
  • Use sound
  • Use TikTok-specific editing techniques
  • Have a narrative
  • Adopt category and vertical norms

(3) Buat Konten

Jangan takut untuk melakukan eksperimen konten dengan format baru seperti Street Interviews, Photo Mode, etc. Pro tip! Pakai template dari  CapCut untuk mempermudah proses pembuatan konten.


3️⃣ Algoritma YouTube Shorts

Apa hikmah dari menganalisa video Youtube Shorts dengan total 3.3 miliar views? Paddy Galloway, a former consultant for top tier Youtuber like @MrBeast @RedBull @NoahKagan recently did an impressive analysis on it. Let's check it out!

Hikmah-nya:

  • Algoritma shorts menyukai video berdurasi lebih panjang yang mampu mempertahankan durasi menonton dengan baik.
  • Viewed vs swiped perlu menjadi perhatian. Buat semenarik mungkin untuk konten di 1 detik pertama. intro = thumbnail!
  • Karena pembuatan Shorts video relatif lebih low effort, Shorts patut dipertimbangkan untuk dipakai dalam meningkatan jumlah subscribers.
  • Penghasilkan dari Shorts (revenue) masih sangat kecil (belum), namun dalam 12 kedepan diperkirakan Revenue Per Mille (RPM) dari Short akan mengalami peningkatan.

4️⃣ Google Optimize Alternative

Tau kan Google akan menutup produk Google Optimize di tanggal 30 September 2023? Kita sempet sedih, secara produk itu masih kita pakai untuk beberapa A/B testing & belum ada kejelasan dari Google untuk tools pengganti produk tersebut.

Dari GA4 Updates minggu lalu, sepertinya Google memilih untuk bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengganti Google Optimize & mengintegrasikan dengan Google Analytics 4.

a/b testing in ga4

Data seperti audience control & experiment id dari pihak ketiga akan dikirim langsung ke Google Analtyics untuk keperluan analisia. And surprisingly, AB Tasty ditunjuk menjadi partner pertama & they don't offer free plan like Google Optimize 😔


5️⃣ GA4 News

Minggu lalu Google Analytics 4 mengumumkan perbaruan baru di platform mereka di mana advertisers bisa memilih metode dalam menghitung total konversi.

  • One per event (recommended)

Contoh: user melakukan 4 konversi dalam 1 kunjungan, total konversi = 4.

  • One per session (default - similar to universal analytics)

Contoh: user melakukan 4 konversi dalam 1 kunjungan, total konversi = 1.

Akses fitur baru ini dengan membuka menu Admin > Conversions