Ga perlu data blend lagi 🍻

🌞 Rise and shine, and welcome to another exciting week in the world of digital marketing! ☕️✨ Whether you're sipping your coffee or tea, let's kick-start this Monday morning with a burst of inspiration and insights to fuel your marketing strategies.


1️⃣ Google Analytics 4 🖤 Looker Studio

peter on twitter

Capek ngelakuin data blend buat CVR, bounce rate dan kawan-kawan? Rilis di minggu lalu Google menambakan 100++ dimensions and metrics baru ke GA4 Connector di Looker Studio, termasuk landing page dimension, session conversion rate by event, and user conversion rate metric, total ada 170 data baru 🥳. Untuk melihat fields baru yang tersedia, simply refresh the fields.

New Google Analytics 4 data sources that you create get their fields directly from the GA4 API. Previously, GA4 data sources were based on a fixed schema with a predefined list of fields. To see new fields from the GA4 API in an existing data source, refresh the fields.

Cek a full release note di sini


2️⃣ Google Ads 🤝 Google Maps Photos

Google melakukan perbaruan Automated Locations (Ad Extensions) di Google Ads yang mana sekarang memperbolehkan advertisers untuk melakukan import foto dari Google Business Account (Google Maps Reviews) ke Google Ads untuk ditampilkan sebagai ad banners.

Ini merupakan hal yang menarik mengingat di newsletter 2 minggu lalu kita temukan 98% konsumen bilang real-life constomer reviews (UGC) memiliki dampak paling besar ke purchase decision dibandingkan influencer/celebrity endorsements, or direct brand ads.

Jadi punya alasan lebih kan buat ajak customers meninggalkan review disertai foto di Google Maps.


3️⃣ TikTok Video Script Generator

TikTok Script Generator

TikTok baru saja menambahkan fitur baru ke halaman Creative Center mereka, Script Generator! Tools ini bisa dipakai advertisers untuk membuat 30s or 60s video scripts, termasuk hook & call to action dengan cukup menuliskan nama & deskripsi produk. Penasaran banget konten yang bakal digenerate dengan script generator ini, bakal general banget atau semudah generate dan pass ke tim creative 🤔.

Tools ini 100% gratis tapi sayangnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Coba di sini

4️⃣ Generative AI is Coming to Google Shopping

Virtual try-on tool on Google Shopping

Ga bosen dengan generative AI, kalo di atas TikTok sudah ada video script dari Google juga launch generative AI di Google Shopping. Berbeda dengan iklan Google lainnya, iklan Google shopping fokus untuk business e-commerce.

Ketika membeli baju di toko offline, kita akan langsung tau apakah baju tersebut cocok untuk kita atau tidak. Beda cerita dengan membeli baju di toko online, 42% online shoppers merasa foto yang ditampilkan tidak merepresentasikan bentuk tubuh mereka.

Melalui teknologi AI, Google mencoba untuk address masalah tersebut dengan merilis fitur "Try-on models" di Google Shopping. AI-powered tools ini akan menampilkan baju dengan looks & feels ketika dipakai oleh model yang berbeda. Banyak pilihan yang disedikan oleh Google, seperti sizes (XXS-4XL), body shapes, ethnicities & hair types.

Saat ini fitur hanya tersedia untu baju atasan wanita di market US.

Just our thoughts, iya sih customer mungkin bakal makin aktif mencoba produk langsung di Google. Tapi di sisi lain, engagement customer dengan produk kita di website jadi dipertanyakan? 🥲


5️⃣ New Conversation Ads on LinkedIn

conversation ads

Conversation Ads akan bisa diakses publik mulai bulan Juli 2023. Conversation Ads adalah salah satu tipe iklan di LinkedIn dengan Start chat sebagai Call-to-action (CTA).

Thought Leader Ads juga mulai akan diperkenalkan ke publik bulan Juli tahun ini. Thought Leader Ads membuat business untuk memberikan spotlight konten dari expert employee di perusahaan mereka.

Pelajari lebih lengkap di sini

6️⃣ Microsoft Performance Max

mike on twitter

Sudah pernah mencoba Microsoft Ads? Dengan meningkatnya adopsi Google Performance Max campaign, Microsoft Advertising team tidak mau tinggal diam dengan merilis produk tandingan their own Performance Max campaign 😂

What's the difference? Microsoft is more transparent than Google in terms of reporting metrics 😉

It's worth revisiting Microsoft Ads as Bing's market share increased by +37% in the last quarter.