🤖 AI Everywhere! #GML2023 Recap

Good Morning,

We hope our newsletter brings you a refreshing start to your Monday!

In this newsletter, we are going to cover the following:

  1. Google Marketing Live 2023 Recap
  2. FB Aggregated Event Measurement Updates
  3. TikTok Viral Videos in Decline
  4. Google Ending Cookies Tracking for 1% of Chrome Users in Early 2024
  5. Understanding News Topic Authority in SEO

1️⃣ Oleh-Oleh Dari Google Marketing Live 2023

Event tahunan dari Google untuk memperkenalkan produk & inovasi terbaru untuk industri marketing. Berikut oleh-oleh dari #GML2023 minggu lalu:

Conversational Experience in Google Ads

Di Fitur yang saat ini ada, sebenarnya uda ngerasa kebantu banget dengan suggested keywords dan copy. Mirip dengan #ChatGPT, fitur baru ini membantu melakukan beberapa operasi di Google Ads seperti membuat kata kunci, ad copy, atau gambar, melalui prompt.

It's pretty cool, isn't it?

Product Studio

Familiar with Midjourney, Dalle, or Stable Diffusion tools? Google punya Product Studio, tools yang mampu melakukan proses editing gambar (misalnya menghapus background) melalui prompt – and it's free!

Fitur baru ini akan mulai tesedia akhir tahun 2023 di platform Google Merchant Center & Shopify in English in the US.

Video View Campaigns

New campaign type di Google Ads ini akan difokuskan untuk reach sebanyak mungkin orang di platform Youtube dengan mengkobinasikan TrueView In-stream, In-feed, and Short Ads. Dari Alpha testing yang dilakukan oleh Google, campaign ini mampu menghasilkan +40% views lebih banyak dari regular campaign. Cost per view (CPV) akan dipakai sebagai pricing model & beta will be available next month!

Demand Generation Campaign

Ingat, Google Demand generation campaign TIDAK SAMA dengan FB Lead Generation campaign. New campaign type dari Google tidak mengarahkan users ke lead form melainkan langsung ke brand's website. AI-powered Ads ini akan ditampilkan across YouTube Shorts, YouTube in-stream, YouTube in-feed, Discover & Gmail placements.

Selain itu, Demand gen campaign akan menyediakan fitur Lookalike segments menggukan first-party data & Youtube users dengan pilihan targeting reach; narrow 2.5%, balanced 5%, or broad 10%.

Broad Match Brand Controls

Batasi iklan untuk tampil di competitor keywords dengan menggunakan broad match keyword dikombinasikan dengan daftar nama kompetitor. This feature is now in Beta!

Text & Shopping Ads Can Appear in Search Generative Experience (SGE)

barry schwartz

It's currently beta in the US.

Automatically Created Assets

Menggunakan Generative AI, Google akan secara otomatis membuat asset baru menggunakan text yang ada di landing page & existing asset di akun Google Ads.

Not 100% new! karena sekarang by default Google akan mengaktifkan fitur automatically created asset untuk campaign baru di Google Ads, unless we opt-out.

New Value-based Bidding Goals & Asset Creation Flow Are Coming to PMax

  • Sebentar lagi di PMax Campaign bisa memilih acquire high lifetime value (LTV) customers sebagai objektif campaign.
  • Cukup dengan memasukkan landing page URL, Google akan secara otomatis membuat asset baru untuk Performance Max (PMax) campaign.

Google Merchant Center Next

Google Merchant Center yang didesain untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tidak membutuhkan product feed melainkan membaca data produk seperti gambar, harga dari website secara otomatis.


2️⃣ Simplified Facebook Conversion Campaigns

Inget kan 2 tahun lalu ketika Apple mengumumkan fitur Opt Out of App Tracking on iOS 14.5, Facebook langsung gercep meluncurkan fitur Aggregated Event Measurement di Ads Manager untuk agar tetap bisa mengukur efektifitas iklan dari users yang melakukan opt out di iPhone mereka. Untuk memaksimalkan fitur Aggregated Event Measurement, advertisers harus menyelesaikan beberapa checklist dari Facebook, misalnya event-mapping, verify domain, etc – lumayan repot kan?

Eh baru-baru ini Facebook bilang checklist tersebut tidak perlu dilakukan guys 😅

  • No Need to Prioritize 8 Conversion Events
  • No Need to Turn on Value Sets to Optimize for Value
  • Aggregated Event Measurement Tab Will Be Removed
  • No Longer Required to Verify Your Domain
  • No Need to Select a Conversion Domain

No action is needed! 🏖️


3️⃣ Udah Makin Sedikit Video Viral di TikTok?

Baru-baru ini data dari Trendpop memperlihatkan jumlah video yang memiliki total tayangan kebih dari 10 juta mengalami penurunan.

trendpop

Dapat kita lihat di atas bahwa video dengan lebih dari 10 juta penayangan mulai pengalami penurunan sejak awal bulan Maret 2023. Rata-rata penurunan sebanyak 4,600 video per minggu – what's happening here? TikTok updated their algorithm? Atau memang sudah berkurang saja hype-nya?


4️⃣ Google Will Disable Third-party Cookies for 1% of Chrome Users in Q1/2024

cookies vs topic api

It's happening! Google akan menghapus 3rd party cookies dari 1% of Chrome users di Q1 2024, sebagai penggantinya Google akan menyediakan Topics API di mana lebih melindungi user privacy.

We're super excited! dan worry juga sebenernya...

5️⃣ Understanding News Topic Authority in SEO

Another new blogpost on Google Search Central... kali ini membahas Topic Authority, sebuah sistem yang dibuat oleh Google untuk membantu menentukan sumber pakar (expert sources) mana yang pas & bermanfaat ketika seseorang mencari sebuah kata kunci di Google, misalnya terkait kesehatan, politik, atau keuangan. Google bilang ada 3 sinyal yang paling menonjol:

  • How notable a source is for a topic or location – ambil contoh, ketika orang sedang mencari berita sepakbola kesebelasan Persib Bandung, kemungkinan besar mereka akan membuka simaung.com
  • Influence and original reporting – media yang pertama kali meliput berita.
  • Source reputation

Google add a bit more;

This isn't a new system that's just launched. We've used it for several years. Our post today is part of our regular efforts to share more about how ranking works.