Reach Naik, Tapi Syaratnya 🤫
🗣️ ditawarin makan di rumah vincen, makan mangkokku belinya lima puluh ribu
lah baru sadar hari ini udah senen, nyawaku masih tertinggal di hari sabtu ☹️
Meals for this week:
- More Power for Creators on Meta
- Welcoming Product Studio on Merchant Center
- Tips From TikTok for Fashion Brands
- Quality Score (QS) is Everything
Here we go!
1️⃣ More Power for Creators on Meta
Meta merilis 3 fitur baru untuk mengoptimalkan konten & jangkauan (a.k.a. organic reach) yang dibuat oleh para Creators.
A/B Testing
Creators bisa membuat beberapa versi konten Reels dengan captions / thumbnails yang berbeda, dan dalam 30 menit akan diumumkan konten mana yang paling popular (winning content). Interesting, isn't?
Achievements hub
It's a kind of gamification approach from Meta. Jika creator bisa menyelesaikan misi yang diberikan, Meta akan memberikan insentif (misalnya more reach).
Meta juga fitur baru lain, seperti Your Content dashboard, Highlights Card, New Reels Metrics (reach broken down by followers and non-followers, distribution scores, and retention graphs) yang bisa dibaca lebih lengkap di sini.
2️⃣ Welcoming Product Studio on Merchant Center
Buat bisnis yang memiliki produk katalog di Google, mereka baru saja merilis beberapa fitur baru menyambut hari belanja nasional 🛍️
Product Studio
Create beautiful products in seconds. Deskripsikan gambar yang diingkan (prompt), and let's Google AI handle the rest.
Tertarik untuk mencoba?
Updated Knowledge Panel
Tidak hanya informasi lokasi bisnis, Google akan menampilkan lebih banyak informasi seperti current deals, shipping and return policies, customer service information and ratings and reviews di Google Search Result (SERP).
Punya promo menarik? Update di sini!
Label UMKM
Google mulai menampilkan label baru di Google Shopping, apakah bisnis tersebut termasuk kategori small business a.k.a. UMKM atau bukan.
Google said:
Shoppers are looking for small businesses: In fact, 84% of people say supporting local and/or small businesses is important to them.
Fitur bisa diaktifkan di menu Setting - Merchant Center, atau Google akan mengkatifkan secara otomatis jika kriteria seperti jumlah produk, jumlah cabang, jumlah pengunjung, dst memenuhi.
3️⃣ Tips From TikTok for Fashion Brands
TikTok baru saja merilis panduan marketing untuk Fashion Brands dengan total 29 halaman.
Panjang banget kan? Here are the highlights:
😂 Netizen mengakses TikTok (~75% of TikTok Users) untuk mencari hiburan
⚖️ Trendsetter tidak lagi milik Artis & Influencers, semua memiliki kesempatan yang sama di TikTok.
🛍️ Pengguna TikTok 1.5x lebih Impulse Buying dibandingkan platform tetangga.
🤑 Apa yang paling disuka dari Fashion Brand di TikTok? Diskon & Giveaway!
Unduh laporan lengkapnya di sini.
4️⃣ Quality Score (QS) is Everything
Jumat minggu lalu, United States Department of Justice kembali mempublikasikan bukti persidangan antara Google & US.
Highlights
- Ad Quality digunakan Google untuk menentukan ranking, disabling ad, broadening, display (UI), pricing (screenshot).
- Quality Score (QS) berdampak ke min. bid threshold in any ad auction – higher quality score = lower min. bid (screenshot)
- Landing page jelek = higher min. bid threshold – bahkan sampai dititik bidding tidak bisa masuk ke auction (screenshot)
- Bukan SEM vs Paid Social, tapi Google Discovery vs Paid Social (screenshot)
- Google acknowledges that Social Apps like Instagram are creating intent and moving users down the funnel.
Total slides ada 126 halaman & bisa diunduh di sini.