Search Console ❤️ BigQuery

Good morning 👋

And here we are again... uda mau ganti bulan, budget Ramadhan aman?


1️⃣ Google Search Console ❤️ BigQuery

search console data in bigquery

Mungkin ini salah satu kado terindah dari Google untuk temen-temen SEO Expert, yaitu akses ke RAW Data dari Google Search Console (re: SEO Dashboard) di database (BigQuery).

Why so? Coz it makes their job a lot easier!

  • Cost savings – tidak perlu lagi membayar third parties untuk mendapatkan akses ke RAW Data.
  • Easy to use – tidak perlu lagi belajar Google Search Console API.
  • Reporting – lebih cepat dengan konektivitas ke Looker Studio.
  • Scalability – SQL lebih powerful dari spreadsheet dalam mengakses data yang besar.
  • Rich Data – data seperti device, country, rich result tersedia with no row limits. (see attached image)
  • And more...

Cara Aktivasi Fitur Bulk Data Export

  1. Buka Search Console dashboard: https://search.google.com/search-console?resource_id={isi dengan URL website kamu, misalnya https://www.tokopedia.com/}
  2. Masuk menu Settings

3. Selesai!

Cara Aktivasi Fitur Bulk Data Export

  1. Buka Search Console dashboard: https://search.google.com/search-console?resource_id={isi dengan URL website kamu, misalnya https://www.tokopedia.com/}
  2. Masuk menu Settings

3. Selesai!

Eits... tapi tetap harus hati-hati, karena BigQuery tidak 100% gratis! Meskipun biaya data warehouse relatif sangat murah –  biaya simpan $0.02 / GB dan biaya per SQL Query $5/TB.

Sebagai ilustrasi (re: dari salah satu client dengan 600K organic visits per month), biaya untuk penyimpanan per bulan tidak kurang dari Rp335. Murah bukan? Asal jangan sering-sering  jalan heavy SQL Query aja.


2️⃣ Pembaruan Google PMax Campaign

PMax updates

Uda nyobain Google PMax? Kita udah nyobain dan memang hasilnya max banget buat campaign kita. Cuma karena produk baru, tentunya ada aja keterbatasannya. Nah minggu ini Google ada rilis beberapa update, yang sepertinya bakal berguna banget PMax updates:

  • Campaign-level brand exclusions

Gak mau target existing customers? Fitur ini bisa memblokir iklan untuk tidak tampil di Google Search & Shopping ketika user mencari menggunakan nama brand (re: your brand keywords).  

  • Page feed

Layaknya Google Shopping ads, advertisisers bisa menentukan halaman website yang boleh dipakai & ditampilkan oleh Google iklan PMax.

  • Experiments

Fancy for A/B Testing? Experiments feature is now available on PMax.

  • Asset group-level reporting
  • Budget pacing insights

Fitur ini membantu menjawab pertanyaan dari clients seperti; "Kalau budget kita naikan 2x, berapa penjualan yang akan kita dapat?", atau "Butuh budget berapa untuk bulan depan?".


3️⃣ Top Products on TikTok Ads

Top Products, fitur baru di TikTok Creative Center untuk membantu brands melihat tren dari bermacam products ad di platform TikTok.

Wah produk "Serum & Essences" lagi trending di TikTok Indonesia nih.
tiktok creative center

Tidak hanya itu, kita bisa melihat product performance dengan lebih mendalam.

tiktok creative center

Fitur ini membantu advertisers untuk mengevalusi apakah performa iklan mereka (re: CTR, CVR, CPA, View Rate, etc) sudah bagus atau belum dengan membandingkan dengan benchmark.

Coba gratis di sini: https://ads.tiktok.com/business/creativecenter/top-products/pc/en

4️⃣ Jualan di marketplace ❌ Jualan di group instagram ✅

Meta sedang menguji fitur baru untuk mengajak business users menampilkan produk di Instagram's group chat.

sachin on twitter

Dari bocoran yang beredar, kita cukup memberikan informasi nama produk, harga, deskripsi & foto untuk mulai menggunakan fitur ini.

sachin on twitter

Sepertinya akan cocok banget untuk dipakai di group ibu-ibu arisan / pengajian. hehe


5️⃣ #ChatGPT + Iklan

ChatGPT monthly visits

Dengan suksesnya produk #ChatGPT, New Bing Browser, & Bing Chatbot, Miscrosoft berencana untuk menampilkan iklan di dalam Bing Chatbot app.

Microsoft Says

Bing chatbot ads will also be bigger and more prominent than regular search ads, which could provide more opportunity to reach users in the discovery phase.

We're so excited!


6️⃣ Meta Verified Rp412,160 per Bulan

Akhirnya Meta Verified mulai diluncurkan untuk pengguna di Australia dan Selandia Baru. Pengguna perlu membeli paket terpisah untuk Instagram dan Facebook. Jadi jika Kamu ingin membeli Meta Verified untuk kedua platform, Kamu harus mengeluarkan biaya Rp412,160 per bulan.


Google trying to convince businesses to start using #GA4