TikTok 🫶 Copywriter

Good morning & happy Monday! We hope you have a great start to your week ☕


1️⃣ TikTok Search Ads

Udah mulai ikutan trend TikTok makes me belum? Ga cuma jadi platform social media, TikTok sekarang udah jadi the new Search Engine for Gen Z dengan tidak kurang dari 109 juta users di Indonesia. Tentunya, hal ini menjadi ancaman bagi Google di mana sudah lama menguasai market Search Ads secara global. Baca juga Twitter sudah merambah ke Search Ads.

TikTok dikabarkan segera merilis produk Search Ads di mana memungkinkan advertisers untuk menampilkan iklan dengan mentarget kata kunci (re: keywords) yang digunakan oleh users di menu pencarian.

TikTok Search Ads (beta)

We're really looking forward to it!


2️⃣ TikTok 🫶 Copywriter

TikTok Keyword Insights

Sebagai marketers kita mau ad creative yang performing dong yaa... standout, engagement rate tinggi, banyak yang share, banyak yang like, atau bahkan viral 🥹! Untungnya sekarang ada TikTok Keyword Insights, di mana bisa dipakai untuk research & benchmarking kata kunci / phrase yang paling resonate dengan target audience.

insight untuk kata kunci "bisa cod"

As explained by TikTok:

“Sometimes the biggest obstacle to making meaningful creative is finding the right words to use. Our new Keyword Insights tool helps you discover the top keywords that resonate with your audience and industry. Browse keywords that have appeared in real, successful ad campaigns. Then watch the ads themselves for ideas about how to incorporate those keywords into your script, ad text and overlays.”

Coba Keyword Insights di sini.


new google trends

Welcoming new Google Trends 🥳 Sekarang Real-time trends bisa langsung diakses melalui homepage dengan data yang diperbarui setiap jam. Tidak hanya di homepage, data di Explore trend juga almost real-time (1-hour timelag) 😱. Jujurly, ini berguna banget buat marketers banyak menjalankan kegiatan maketing di Google Search (SEO / SEM) karana bisa dipakai untuk cek search demand. Tentunya berguna juga buat anak socmed yang butuh hijack trend secara real time.

Explore trend at March 11, 2023 at 9:00 AM
Cuss coba 👉 di sini

4️⃣ Ekspansi Local Service Ads

local service ads 

Google membuka kesempatan untuk menggunakan Local Service Ads ke lebih banyak kategori bisnis. In total, ada 70 kategori bisnis baru yang bisa mulai beriklan menggunakan Local Service Ads. Menariknya, advertisers hanya perlu membayar ke Google ketika ada potential customers yang menghubungi (pay per conversion) dari iklan yang dijalankan.

As explained by Google:

“With Local Services Ads, you can advertise your services at the top of Google Search results pages and receive quality phone calls, messages and appointment bookings in the areas you choose. Plus, you can easily track performance and manage your leads, including listening to call recordings with potential customers.”

Kategori Lama (2020)

Tambahan Kategori Baru (2o23)

Dengan menggunakan Google Local Ads, brand / bisnis berkesempatan untuk mendapatkan The Google Guarantee badge ✅ yang bermanfaat untuk meningkatkan trust dari calon pelanggan. Super cool!

google guarantee badge
Tertarik untuk coba? Daftar di sini.

Yes! Sekarang Google menampilkan logo & nama bisnis di hasil pencarian, termasuk Search Ads (beta).

Google Said:

We’re adding site names to search results on mobile, so you can easily identify the website that’s associated with each result at a glance. We’re also updating the size and shape of the favicon (a website’s logo or icon) that appears in Search, to make it easier to see on the page. We’ll extend these changes to Search ads to increase clarity and advertiser transparency at a glance.

Wajib Verifikasi Bisnis

Untuk bisa menggunakan logo & nama bisnis di Google Search Ads, advertisers harus mengikuti verifikasi program dari Google. Setelah selesai proses verifikasi bisnis selesai, kamu bisa mengkases fitur ini di Google Ads dengan cara;

Buka Google Ads > pilih campaign > klik Assets > tambah asset.


6️⃣ Surat Dari Google Analytics 4

Per tanggal 31 Maret 2023, advertiser tidak bisa lagi mengganti conversion window di Google Ads & hanya bisa dilakukan di Google Analytics 4. Sebagai catatan, ini hanya berlaku untuk advertisers yang menggunakan konversi dari GA4 (gtag.js), dan bukan Google Ads Conversion tag.

surat dari google analytics 4

Untuk kalian yang masih menggunakan conversion source dari Google Ads tag, tidak perlu khawatir dengan pengumuman ini.

Cukup aneh memang, mengingat penggunaan Google Ads Conversion tag memiliki banyak keunggulan, seperti:

  • support basket data & dynamic remarketing.
  • support view-through conversions.
  • more choice for conversion window (1-90 days).
  • support enhanced conversions.
  • dan masih banyak lagi.

🎓 Study

  • The state of gaming app marketing in 2023 by Appsflyer (download)
  • Year in Search 2022: Indonesia (download)