Migrasi ke GA4 βŒ›

Good Morning!

Don't forget to sip your coffee before we dive into weekly marketing recap 🧡


Jangan Lupa Pindah ke Google Analytics 4 Sebelum Bulan Maret βŒ›

Buat yang belum tau nih, Google Analytics 3 (a.k.a. Universal Analytics) akan ditutup oleh Google di tanggal 1 Juli 2023. Maka dari itu, Google minta kita untuk segera migrasi ke versi terbaru yaitu Google Analytics 4 (re: GA4) sebelum bulan Maret 2023, atau Google Analytics akan melakukan migrasi secara sepihak untuk kita πŸ‘€

Nih Pro Tips Ketika Migrasi ke GA4

  1. Karena di versi baru tidak ada fitur views, buat 2 property GA4. 1 untuk production site (customers), dan 1 untuk staging site (developers).
  2. Ubah data retention dari 2 bulan ke 14 bulan.
  3. Jangan lupa sambungkan ke Google Ads, Google Search Console, & BigQuery.
  4. Aktifkan fitur Google Signal untuk melihat user insight (i.e. demographic report).
  5. Aktifkan fitur Enhanced Measurement untuk mendapatkan data yang lebih banyak.
  6. Ikuti panduan baru untuk UTM Parameters khusus GA4 .
  7. Kalau punya internal sites, jangan lupa daftarkan ke Referral Exclusion.

Jumlah podcast baru turun -80% di tahun 2022 πŸŽ™οΈ

source: listennotes

Saat pandemi 2 tahun terakhir, terpantau banyak podcast baru bermunculan. Namun ada yang berbeda di tahun lalu, tidak hanya jumlah podcasts yang turun, jumlah new episode juga mengalami penurunan sebanyak -12%.

Sementara itu, Indonesia masih duduk di posisi ke-4 untuk jumlah Podcasts terbanyak.

Kamu masih suka dengerin Podcast? Saya sih masih yaa, at least 1x seminggu.


Di Mana Tempat "Nongkrong" Favorit Gen-Z?

source: morning consult

Yes, Youtube!

Gen Z yang jadi lebih sering masuk target marketers (ya katanya bakal jadi the next consumers). 88% Gen Z (di US) menghabiskan waktunya di platfrom YouTube, 76% menghabiskan waktu di Instagram, kemudian TikTok sebanyak 68%.

Menariknya, >50% Gen-Z menghabiskan =>4 jam per hari di media sosial.

source: morning consult

Berapa Banyak Bot Yang Masuk ke Google Analytics Kamu? Banyak Loh!

Dari salah satu sesi di event SUPERWEEK 2023 minggu lalu, ada insight menarik di mana hampir 30% dari kunjungan website terdeteksi berasal dari robot (a.k.a Bot) 😱

source: James

Parahnya lagi, kunjungan dari Bot ini naik sebanyak +40% dalam 6 tahun terakhir. 😰

TL;DR penting banget buat pakai Bot Management Tools Clouldflare, Akamai, dan lain sebagainya.

As someone has said, "Bad data leads to bad decision". Setuju?


Keep an eye on your Google Display Network campaign

Google akan mengurangi kontrol targeting di display ad yang berjalan di Display Network.

source: LinkedIn

Before: iklan akan ditampilkan ketika SEMUA targeting (keyword, placement, topic) terpenuhi.

After: iklan akan ditampilkan ketika SALAH SATU targeting (keyword, placement, topic) terpenuhi.

Google explains:

"... to help you reach more potential customers, your ads will now show on content that matches any of the topics, placements, or display and video keywords you target. For example, an ad targeting a topic and a placement will be eligible for impressions which match either."

Instagram Melakukan Uji Coba Fitur Lead Form di Akun Bisnis

source: SocialMediaToday

Instagram terpantau sedang menguji coba (re: Beta) fitur Lead Form sebagai CTA (Call to Action) di profil bisnis/kreator. Melalui fitur ini, bisnis/kreator bisa mendapatkan insight dari followers seperti nama, nomor telepon, email, alamat, serta informasi tambahan dari Questionnaire/ daftar pertanyaan yang kita buat.

source: SocialMediaToday

’Artifact’, Sosial Media Baru Milik Pendiri Instagram

Pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger meluncurkan aplikasi sosial baru, di mana fokus awalnya akan lebih pada konten secara khusus, bukan pada elemen sosial.

source: SocialMediaToday

Jika tertarik untuk mencoba, kamu bisa antri mendaftar di sini.


Belanja di Snapchat Pakai Fitur Augmented Reality 😳

source: BuzzFeed