Bye Google Similar Audience 😢

We apologize for not sending the newsletter letter last week. Also, we hope you and your family had a very happy Eid & holidays 🙏

Here's what happened over the last two weeks in the online marketing world ✨


1️⃣ Old Google Analytics (UA) Will Be Sunset on July 1st, 2024

Udah tau kan Google akan sunset Universal Analytics di bulan Juli ini? Tau dong! Setelah tanggal itu, datanya akan langsung dihapus oleh Google? Fortunately, Google merilis beberapa update untuk menjawab kerisauan tersebut.

They said:

Free customers will stop collecting data in Universal Analytics as of July 1, 2023. But customers will still have access to view and export all previous data until July 1, 2024.

Sekarang sudah semakin jelas ya!


2️⃣ Good Bye Google Similar Audience

Seperti yang diumumkan pada 1 November 2022, fitur Similar Audience (di Facebook Ads disebut Lookalike Audience) akan dialihkan ke solusi baru, yaitu Optimised Targeting.

Apakah yang terjadi setelah tanggal 1 Mei 2023?

  • Similar audience tidak akan menghasilkan audiens baru.
  • Similar audience tidak akan bisa ditambakan ke ad groups / campaigns.
  • Similar audience yang sudah dijalankan akan tetap bisa dipakai sampai tanggal 1 Agustus 2023.

Jadi buat kalian yang masih menggunakan similar audience di Google Ads, segera aktifkan Optimised Targeting  menyesuaikan perubahan ini.

Use optimized targeting
Buka campaign > ad groups > settings > aktifkan tombol "Use optimized targeting"

3️⃣ Targeting High Spending Power on TikTok

social savannah on Twitter

Want to increase user basket size? This new TikTok feature might help you.

TikTok tengah menguji coba fitur targeting di TikTok Ads, di mana advertisers bisa mentarget High Spending Power (SP) users. Very interesting, isn't it?

Some people said:

So far, I'm seeing better results with SPT vs BAU for high AOV clients.

4️⃣ Google Looker Studio Scorecard Improvements

Scorecard visualizations updates:

  • Sparklines show historical trends for a scorecard value over time.
  • Progress visuals show the progress of a scorecard value toward a goal.
  • You can compare the scorecard metric to a time period, target value, or metric.

Learn more


5️⃣ Google Privacy Sandbox Updates

Empat tahun lalu, Google meluncurkan Privacy Sandbox dengan tujuan utama memfasilitasi iklan online tanpa menggunakan third-party cookies. Kurang lebih mirip SKAdNetwork yang diperkenalkan oleh Apple 4 tahun yang lalu. Here's the exciting part, setelah melakukan interasi dengan banyak pihak, akhirnya program ini membuahkan hasil yang positif.

I want to hear it!

Ada perbedaan hasil sebesar 10% dari iklan Google Display Network yang dijalankan menggunakan  interest-based audience (IBA) by Privacy Sandbox vs regular cookie tracking. Not bad, isn't it?

Wait.. what is an Interest-based audience (IBA)?

IBA adalah pengganti regular cookies tracking di mana ad tracking tidak menggunkan user-level identity, melainkan berdasarkan interest (topik) dari halaman yang pernah dikunjungi oleh user.

Google Menjelaskan:

“The experiment showed that when using interest-based audience (IBA) solutions with privacy-preserving signals on the display network, Google Display Ads advertiser spending on IBA - as a proxy for scale reached - decreased by 2-7% compared to third-party-cookie-based results. For conversions per dollar, as a proxy for return on investment (ROI), the decrease was 1-3%. Finally, we also observed that click-through rates (CTR) remained within 90% of the status quo. And we observed similar performance for Display & Video 360.”

Program untuk platform web ditargetkan selesai di Q3 2024.


6️⃣Google Gold Checkmark

Alex on Twitter

Seperti yang pernah kita tulis sebelumnya, Google sedang melakukan uji coba program verifikasi bisnis di mana nantinya akan ada checkmark di Google Search result untuk bisnis yang terverifikasi. Program ini bertujuan untuk memberikan transparansi terhadap bisnis, seperti alamat perusahaan, legalitas perusahaan, sampai iklan yang sedang mereka jalankan.

Dari screenshot yang beredar di Twitter, sepertinya Google masih bimbang untuk checkmark style yang akan dipakai. Bagusan pakai warna gold, atau blue?

Kami sih tim #GoldCheckmark, lebih standout aja gitu. setuju gak?

Untuk yang belum melakukan verifikasi bisnis, kamu bisa melakukan pendaftaran di sini.